MAU JADI APA KAMU !!!

so what up guys 
today gue mau ngomongin tentang suatu hal atau kalimat yang sering kita dengar atau pun yang sering orang lain ucapkan ke kita, entah itu dari orang tua 
guru dan lain lain pasti kalian sering mendengar kalimat seperti ini 

"mau jadi apa kamu !!

gue pribadi sering mendengar kalimat seperti ini entah itu dari orang tua dari guru dll 
kalo gue sih jarang menanggapi dengan serius kalimat itu paling gue menjawab sambil bercanda.

mau jadi superman mah. mau jadi superhero mh.
mau jadi sukses mah mau jadi pembisnis mah, mau jadi penulis mah

kalau di tanya seperti itu gue slalu gak konsisten, dan jawaban nya slalu berubah ubah. dan gak pasti,

mungkin gue belum punya target saat itu dalam kehidupan gue kedepan nya,

tapi seiring berjalan nya waktu setelah gue kandas dari telkom university
gue pun berpikir dan merenung. lalu gue tertidur,
di dalam mimpi gue mendenger orang ngomong

 mau jadi apa kamu !!

entah itu suara siapa, suara itu terhentak seperti  orang yang memarahi gue

lalu gue terbangun dan mulai mencari hape untuk selfi 

shit haha
 bohong.

setalah kejadian itu gue akhirnya berpikir. 
iya yah mau jadi apa gue?

saat itu gue emang sedang bimbang gak ada tujuan, kuliah gue di telkom gak bener, mau kerja sesuai jurusan smk gue perhotelan gak bener. 
dan akhirnya selama 2 bulan gue mencari jawaban dari pertanyaan ini

mau jadi apa kamu ??

entah gue mau jadi apa saat itu.
sampe gue ingat ketika gue kelas 4sd gue pernah di tanya oleh bu guru 

erde cita cita kamu mau jadi apa??

cita cita aku mau jadi guru bu, karna Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, Karena sebesar apapun jasa seorang guru mereka tetap rela dan ikhlas mengajar walaupun guru Tidak ada pangkat bintang 1, bintang 2 ataupun bintang-bintang yang
lain.
 Guru juga adalah seseorang yang mengajarkan kita semua hal terutama tentang menulis dan membaca
makasih ibu guru bapak guru telah mengajarkan aku tentang semua hal di sekolah mungkin jika tidak ada guru aku dan teman teman tidak akan bisa seperti ini, 

terimakasih.

jadi itu alasan aku ingin jadi guru bu

entah kenapa saat gue melihat mata si ibu guru matanya seakan berkaca kaca lalu tangan nya menghampiri gue.
ibu bangga sama kamu de
sambli tanganya mengelus rambut gue

 setelah gue mengingat kejadian itu gue pun ingin jadi guru dan harus kuliah di keguruan.

tahun 2014 gue pun masuk ke salah satu 
sekolah tinggi keguruan ilmu pendidikan (stkip)
 
dan gue berjanji akan kuliah bener bener gak akan ngecewain orang tua yg ke 2 kali nya.

pas awal kuliah gue semangat banget bahkan gue ingin kuliah dari senin sampe sabtu karna sangking betah nya di kampus dan  senang nya ketemu teman teman baru.

sampe akhirnya rasa males pun datang ketika semester berganti dari 1 ke 2 
 semester 2 ini gue mulai agak tidak semangat kenapa ? karna gue merasakan tugas datang bertubi tubi.

tapi gue berjanji harus tetap semangat apapun yg di rasakan,

semangat semangat smngt smng snghtgng

semakin hari kata semangat itu menjadi menghilang.
teman teman baik gue juga perlahan mulai hilang karna sudah menyerah duluan.

si arif udah keluar si jagat ikutan keluar
dan akhirnya sampe menginjak semester 3 tolongggggg
tugas datang bertubi tubi gue hampir melambaikan tangan ke kamera

tugas ini belum selesai datang lagi tugas ,
persentasi observasi magang1 bom bom
itu semua menghampiri,

gue pun tertidur dan berpikir, lalu mengingat kata

mau jadi apa kamu"

gue berpikir "iya yah mau jadi apa kalo gue kaya gini terus,

akhirnya gue pun mencoba mengumpulkan  butiran butiran semangat.
 smngattt

lalu tugas pun datang mengampiri lagi.

tugas nya itu kita disuruh mengobservasi cara pembelajran guru bahasa indonesia, jadi kita harus datang langsung kesekolah merekam cara pembelajaran guru bahasa indonesia,
saat itu gue belum kepikiran mau ngambil observasi di sekolah mana,
sampai akhirnya temen smk gue yang sekampus sama gue mengajak untuk mengobservasi di sekolah smk gue dulu yaitu di smk ********

setelah gue fix untuk mengobservasi guru bahasa indonesia di sekolah gue dulu, gue pun membuat prit out surat untuk di berikan ke sekolah itu,

saat itu hari rabu, hari dimana gue datang ke sekolah, gue gak sendiri saat itu tapi bareng temen gue si ican, 
kita berdua pun datang kesekolah lalu bertemu dengan guru kesiswaan
ternyata guru kesiswaan masih yang dulu namanya si a******

pas gue mengucapkan salam dia pun menyalami balik lalu dia berkata

"eh erde yang kelas akp yah perbotelan
"iya pak hehe ini saya, 
wah kamu kuliah sekarang?
"iya pak alhmdulilah,
jawab gue,
lalu gue pun mengungkapkan maksud gue datangan kesekolah ini

"iya pak jadi sebelum nya saya mau minta ijin untuk mengobservasi cara pembelajraan guru bhasa indonesia dikelas, jadi nanti kita hanya merekam saja pak,
"oh gitu boleh boleh silahkan, mau kapan?
tanya dia
"kalo bisa sih pak sekarang, 
bentar yah saya tanya dulu ke kurikulum

si guru kesiswaan  pun pergi ke ruangan kurikulum,

setalah beberapa menit berlalu akhirnya dia datang kembali dan berkata

"wah de kayanya hari ini gak bisa, soalnya hari ini gak ada jadwal pelajaran bahasa indonesia, paling besok atau sabtu,

oh gitu, yaudah berarti saya sabtu kayanya kesini pak, soalnya kalo besok saya kuliah pagi,

oh iya berarti sabtu yah,
iya pak

lalu kita pun pamit pulang dan berjanji hari sabtu akan kesekolah lagi,

sebenrnya sih tugas ini rada memberatkan dan membuat ribet,
tapi gimana ini tugas uts jd gimanapun juga gue harus mengerjakan
smngat :(

trenngg
hari sabtu pun datang, gue membuka bbm lalu di bbm terlihat kontak si ican, 
ican mengirin bbm
duh de kayanya hari ini gue gak bisa observasi deh gue sakit
gue pun membalas 
"ywdh gak apa apa can

hmmm gue pun harus kesekolah sendiri nih,

yaudah gak apa apa gue harus berani kesekolah sendiri ingat kesuksesan ada di tangan kamu sendiri bukan di tangan orang lain smngattt :(

lalu gue berangkat dri rumah jam 7 pagi sengaja gue ngambil peljaran pertama biar cepet beres dan pulang nya gak sore

setelah beberapa menit berjalan akhirnya gue sampe di sekolah, dan mulai memarkirkan motor, lalu pergi ke ruangan guru, 

"eh pak saya kesini lagi nih,
oh iya erde silahkan duduk nanti saya panggil dulu guru bhasa indoensia nya,
gue pun duduk , setelah beberapa lama menunggu akhirnya guru bahasa indonesia gue dulu pun datang,

eh bu gue pun mengucapkan salam smbil tangan gue menyalami tangan buguru,

eh ini kan yang anak kelas prhotelan yah?
iya bu saya erde angkatan 2010 keluaran  2013,
"oh iya erde yah haha duh kamu beda yah agak cakepan sekarang hmmmm wkkw(becanda)

iya de jadi ada apa?
iya bu jadi gini ada tugas dari kampus mata kuliah magang, jadi tugas nya itu kita disuruh mengobservasi cara pembelajrn guru bahasa indonesia dikelas, jadi nanti saya mau minta ijin untuk merekam ibu saat pembljaran, 
"oh gitu boleh boleh, mau kapan?
"ya kalau bisa sekarang bu
tapi nanti pljrn ibu jam 9 ywdh gak apa apa saya nunggu aja,

kita pun nunggu waktu ngajar sambil ngobrol ngbrol,
lalu si ibu bertanya kamu kenapa ngambil jurusan bahasa indonesia? 
haha sambil si ibu tertawa 
"iya busaya ngambil bahasa indonesia 

"kenapa bahasa indoesia, tanya si ibu
" kalau bahasa indonesia susah loh, bukan susah sih, tapi terlalu banyak (pasaran) 
"oh gitu bu
iya terus biasanya kalo ngelamar kesekolah gtu suka susah,
alesan sekolah nya, 
"maaf bhasa indoensia udah ada "maaf bahasa indonesia udah penuh,
gue pun tercengang, setelah mendengar si ibu ngomong

"emang kenapa kamu ngambil jurusan bahasa indoesia?

sumpah gue terdiam selama 10 detik, gue bingung mau jawab apa, di hati gue iya juga yah kenapa gue ngambil jurusan bnhasa indonesia, knpa gak geografi atau ips atau bhasa sunda,

"iya bu tadi nya saya mau ngambil bhasa inggris tapi setelah saya pikir pikir lagi kayanya susah. 
jadi saya ngmbil bahasa indonesia aja.

oh gitu,

terus kan saya juga suka nulis cerpen puisi dll 

jadi saya ngambil jurusan bahasa indonesia 

yaudah semoga aja nanti kamu gak jadi guru karna jadi guru itu gaji nya kecil coba hitung 15000 satu jam trus kita kan gak belajar tiap hari jd paling sehari cuma 2 jam terus gak tentu lagi. kecuali kamu jadi guru nya udah pns
tapi semoga saja nanti kamu gak gitu,
atau mungkin kalau kamu suka nulis smoga aja kamu jadi reporter atau jurnalis.

si ibu seakan mempengaruh gue dan mematahkan semangat gue, gue hanya tertekuk diam bisu gak bicara. 
pikiran pun gak tentu arah.
rasanya gue berpikir 

mau jadi apa gue!!

sumpah setalah percakapan itu gue jadi gak semangat, seakan butiran semangat yang gue kumpulkan kemarin di patahkan dengan satu tangan

setelah beres merekam.
gak henti henti nya gue kepikiran kata kata si ibu, gue jadi gak tau untuk kedepan nyaa.

di motor pun gue hanya terdiam sambil berkata,
mau jadi apa kamu??
mau jadi apa kamu??

setalah gue sampai rumah gue pun menulis di kertas selembar dan membuat pola pola untuk kedepan nya.

gue membuat pilihan dan opsi opsi untuk kehidupan gue kedepan nya,
opsi yang pertama
1. gue harus ngelanjutin kuliah, gue harus jadi dosen dan hrus ngambil s2
-setidak dosen lebih tinggi dari guru
2. jadi penulis dan editor ataupun direction film
-sehubungan gue suka menulis mengedit video membuat skrip cerita,
gue pun yakin opsi ke2 ini pilihan gue
3. jadi guru tapi gue harus punya usaha lain di belkang propesi guru gue harus punya usaha distro dan mengembangkan brand erdemerchandise dan punya usaha dibidang dagang dan jasa atau pelayanan.
-opsi ini sejalan dengan pekerjaan orang tua gue yg mempunyai usaha dagang dan pelayanan 

semoga saja dari ke 3 opsi itu gue bisa mengambil salah satu entah itu nomor 1 atau nomor 2 atau nomor 3

semoga saja.


so guys jadi yang harus kalian ambil dari cerita di atas  adalah kita harus yakin apa yang kita ambil kita harus percaya dengan apa yang kita ambil dan kalian harus yakin hal yang kalian ambil akan jadi kenyataan.

mungkin jalan kehidupan tak selamanya mulus pasti ada tanjakan turunan dan tak selamanya jalan itu bagus pasti ada yang berlubang dan berkeril batu.
intinya sih kita harus bisa melewati dengan 
dream hope spirit and believe

DREAM-kita harus berani bermimpi didalam kehidupan kita harus punya mimpi, railah mimpi mu setinggi langit
HOPE-harapan di dalam kehidupan kita harus punya harapan dan harapan itu hrus yang lebih baik dari sebelum nya. karna harapan adalah suatu jalan untuk menemukan kebahagian, walaupun kadang berharap itu rasanya gak enak tapi yakin pasti harapan itu akan indah pada waktunya
SPIRIT-semangat tentu nya di dalam khidupan kita harus punya semangat karna apapun hal jika tidak di barengi dengan semangat maka itu semua tidak akan berhasil
BELIEVE-percaya. 
percaya semua hal yang kamu inginkan hal yang kamu impikan akan jadi kenyataan percaya dan yakin pasti kamu sukses
-kerja keras
-berdoa
-ikhtiar

created by: erde ridwan setiawan






Post a Comment

0 Comments

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});