RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :SMK
WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Mendengarkan
A. STANDAR
KOMPETENSI 1. Memahami berbagai informasi dari
sambutan/khotbah dan wawancara
B. KOMPETENSI
DASAR 1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam
wawancara
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Mencatat
pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa
yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
2)
Merangkum
seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
3)
Menyampaikan
(secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Siswa
mampu merangkum isi pembicaraan dalam
wawancara
2)
Siswa
mampu menyampaikan (secara lisan) isi
rangkuman kepada orang lain
3)
Siswa
mampu menjelaskan isi wawancara kepada orang lain
E. MATERI POKOK PEMBELAJARAN
1)
Isi
pokok rekaman wawancara
2)
Contoh
rangkuman wawancara
3)
Cara
merangkum hasil wawancara
F. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
G. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
1)
Guru
mengajak siswa menyebut sebuah program
acara televisi yang
berisi wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal/publik figur dan menanyakan
kepada siswa siapa yang secara rutin mengikutinya, misalnya Jayasuparana Show.
(Bila memungkinkan, Guru menayangkan cuplikan rekaman acara tersebut)
2)
Bilamana
ada, siswa yang bersangkutan diminta
menyampaikan nama pewawancara,
nama narasumber, dan topik wawancara
program terakhir yang
disiarkannya.
3)
Terhadap
topik wawancara, siswa dimintai tanggapannya secara singkat.
4)
Bersahabat/
komunikatif
Ø
KEGIATAN INTI
·
Explorasi
1)
Guru menayangkan sebuah rekaman
wawancara dengan topik seni dan budaya.
2)
Guru
menjelaskan prinsip-prinsip merangkum
·
Elaborasi
1)
Siswa
menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi wawancara yang dilisankan guru.
2)
Siswa
mengidentifikasi intisari pertanyaan dan
jawaban narasumber
3)
Siswa
merangkum isi pembicaraan dalam wawancara dengan memperhatikan sturktur kalimat
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
Pertemuan
ke 2
Elaborasi
1)
Siswa
saling menukarkan hasil rangkuman untuk
diedit.
2)
Siswa
memperbaiki hasil rangkuman berdasarkan catatan
atau masukan teman
3)
Secara
bergantian, siswa membacakan rangkumannya di depan kelas untuk ditanggapi siswa
yang lain.
4)
Guru
memilih beberapa rangkuman terbaik dan
memberikan ulasan penjelasan.
5)
Guru
menyampaikan tugas mandiri, menyimak tayangan program wawancara di
radio/televisi dan mengulang
latihan-latihan yang sudah diberikan.
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
PENUTUP
·
Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
·
Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa
dipetik dari pembelajaran
·
Bersahabat/
komunikatif
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, laptop
Ø
Bahan :
spidol
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen : Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
INSTRUMEN
/SOAL
Sejumlah
pertanyaan /soal untuk menguji
pemahaman siswa atas isi wawancara
Tugas untuk
mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk
merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk
menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar
pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Purwakarta
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan
Setiawan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Mendengarkan
A. STANDAR
KOMPETENSI 2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil
membaca dan wawancara
B. KOMPETENSI
DASAR 2.1
Menjelaskan secara lisan uraian
topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Mendata
pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
2)
Menyampaikan
(secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
3)
Mengemukan
hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan
alasan
4)
Membuat
rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
5)
Menyampaikan
rangkuman hasil wawancara
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Siswa
mampu menjelaskan secara lisan uraian
topik tertentu dari hasil membaca artikel koran, majalah, atau buku
2)
Siswa
mampu merangkum isi topik dari hasil
membaca artikel
3)
Siswa
mampu menguraikan isi topik dari artikel yang telah di baca
E. MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
1)
Artikel
koran, majalah, atau buku
2)
Pokok-pokok
isi artikel koran, majalah, atau buku
3)
Hal-hal
yang menarik dalam artikel koran, majalah, atau
buku
F. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
G. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
1)
Guru
menunjukkan koran edisi baru dan
membacakan sekilas berita/artikel
yang bertopik paling menarik, terutama
yang berhubungan dengan masalah lingkungan.
2)
Guru
menanyai siswa apakah dalam keseharian juga sering membaca koran/majalah dan rubrik apakah yang paling diminati.
3)
Beberapa
siswa dipersilakan mengungkapkan pengalalamannya membaca koran/majalah dan
manfaat yang diperoleh
Ø
KEGIATAN INTI
·
Explorasi
1)
Siswa
membaca secara intensif kutipan artikel koran bertopik lingkungan hidup yang tersaji di buku teks
(bisa diganti dengan teks yang lebih aktual/relevan)
·
Elaborasi
1)
Siswa
mengidentifikasi ide-ide pokok setiap paragraf atau pokok-pokok informasi penting dan mengungkapkannya secara lisan di dalam
kelompok.
2)
Secara
berkelompok siswa mengidentifikasi opini penulis dan memberikan tanggapan
secara kritis.
3)
Masih
dalam kelompok, secara bergantian siswa mengemukakan hal yang menarik perhatian
dalam teks dan mengemukakan alasannya.
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
Pertemuan
ke 2
·
Explorasi
1)
Siswa menjelaskan
arti kata-kata kajian yang terdapat dalam teks dan secara bergiliran menyampaikan jawabannya
di depan kelas.
2)
Siswa
menjelaskan maksud beberapa pernyataan
dalam teks yang perlu penjelasan lebih lanjut.
·
Elaborasi
1)
Secara
bergiliran siswa maju ke depan kelas dan menyampaikan jawabannya secara lisan.
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
PENUTUP
1)
Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
2)
Siswa
diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa
dipetik dari pembelajaran
3)
Guru
mendorong siswa untuk mengembangkan
budaya membaca koran/majalah/ atau
buku dan
mampu bersikap kritis terhadap opini penulis.
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, laptop koran / majalah artikel
koran/majalah bertopik lingkungan yang
aktual dan menarik
Ø
Bahan :
spidol
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
o
Tes Lisan
o
Tes
Tertulis
o
Observasi
Kinerja/Demontrasi
o
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
o
Pengukuran
Sikap
o
Penilaian
diri
INSTRUMEN
/SOAL
Tugas untuk mengidentifikasi ide pokok paragraf / pokok pikiran penting
dalam artikel
Tugas untuk menginventaris opini penulis dan
memberikan tanggapan secara kritis
Tugas untuk
mengidentifikasi pernyataan-pernyataan menarik dalam artikel dan mengemekukan
alasannya.
Tugas
untuk menjelaskan kata-kata kajian dan
pernyataan-pernyataan dalam artikel yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Daftar
pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep
yang telah dipelajari
Blangko
observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini dan
pernyataan menarik dalam artikel koran/majalah
(terlampir di bawah).
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen : Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
INSTRUMEN
/SOAL
Sejumlah
pertanyaan /soal untuk menguji
pemahaman siswa atas isi wawancara
Tugas untuk
mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk
merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk
menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar
pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Purwakarta
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan
Setiawan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :SMK
WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Membaca
A. STANDAR
KOMPETENSI 3.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
B. KOMPETENSI
DASAR 3.1
Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan
membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan
sikap membaca yang baik
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Menemukan
kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
2)
Menemukan
kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
3)
Menemukan
paragraf induktif dan deduktif
4)
Mengidentifikasi
ciri paragraf induktif dan deduktif
5)
Menjelaskan
perbedaan antara paragraf induktif
dengan induktif
6)
Membacakan
naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan
ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca
yang benar
7)
Membahas
pembacaan berita yang dilakukan teman
8)
Mengidentifikasi
kalimat tunggal
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Siswa
mampu menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan
membaca intensif
2)
Siswa
mampu mengidentifikasi paragraf deduktif dan induktif dalam suatu wacana
E. MATERI POKOK PEMBELAJARAN
1)
Menemukan
perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
F. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
G. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
1)
Guru
menyampaikan sebuah cerita kiasan/analogi:
dalam sebuah pesta/perjamuan atau pertemuan, biasanya orang-orang
penting /pejabat duduk di barisan depan. Semakin ke belakang, berisi
orang-orang yang tidak penting/tidak berpengaruh. Penyusunan formasi seperti
itu tentu mempunyai suatu maksud.
2)
(Untuk
memperjelas, Guru bisa menunjukkan denah pengaturan tempat duduk dalam suatu
acara sekolah, di mana deretan bagian depan
diperuntukan undangan tamu-tamu penting)
3) Dalam mengarang, penulis pun mempunyai
pola-pola tertentu dalam mengatur
penempatan gagasan penting atau pokok.
Ada yang berpola umum – khusus, penting - tidak penting, pokok
-penjelas, atau sebaliknya.
Ø
KEGIATAN INTI
·
Explorasi
1)
Guru
menjelaskan pola-pola paragraf induktif, deduktif, dan deskriptif.
2)
Siswa
membaca sebuah teks bacaan dan mengidentifikasi
kalimat utama dan ide pokok paragraf-paragrafnya
.
·
Elaborasi
1)
Secara
berkelompok siswa mengidentifikasi paragraf-paragraf yang berpola induktif dan
deduktif
2)
Siswa
berdiskusi untuk merumuskan ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
Pertemuan
ke 2
·
Explorasi
1)
Siswa
mempersiapkan rekaman/transkrip dialog hasil wawancara
·
Elaborasi
1)
Siswa
mengerjakan Uji Kompetensi: membaca teks dan mengidentifikasi pola-pola
pengembangan gagasan utamanya
2)
Guru
membagikan koran kepada setiap siswa (atau siswa menyiapkan
koran yang dibawanya dari rumah). Siswa
ditugasi untuk mencari contoh-contoh paragraf berpola induktif dan deduktif,
menandai kalimat utamanya, dan menempelkan pada lembar kertas yang dibagikan
Guru.
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
PENUTUP
1)
Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
2)
Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa
dipetik dari pembelajaran
.
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, rekaman
wawancara dengan seorang tokoh
masyarakat atau publik figur laptop
Ø
Bahan :
spidol
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
Ø
Tes Lisan
Ø
Tes
Tertulis
Ø
Observasi
Kinerja/Demontrasi
Ø
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Ø
Pengukuran
Sikap
Ø
Penilaian
diri
INSTRUMEN
/SOAL
Tugas
untuk membaca artikel dan mengidentifikasi pola-pola pengembangan
gagasan utamanya
Tugas untuk
mengkliping contoh-contoh paragraf berpola deduktif dan induktif dari koran/majalah
Daftar
pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep
tentang paragraf deduktif dan induktif yang telah dipelajarinya
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik
penilaian tugas menulis rangkuman hasil wawancara (terlampir di bawah)
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen :
Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
INSTRUMEN
/SOAL
Sejumlah
pertanyaan /soal untuk menguji
pemahaman siswa atas isi wawancara
Tugas untuk
mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk
merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk
menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar
pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Bojong
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan
Setiawan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :SMK
WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Mendengarkan
A. STANDAR
KOMPETENSI 2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil
membaca dan wawancara
B. KOMPETENSI
DASAR 2.2
Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik
tertentu
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Mencatat
pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
2)
Membuat
rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
3)
Menyampaikan
rangkuman hasil wawancara
4)
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Siswa
mampu melakukan wawancara dan
menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik
tertentu
2)
Siswa
mampu membuat rangkuman hasil
wawancara dengan kalimat yang efektif
E. MATERI POKOK PEMBELAJARAN
1)
Teks
dialog tanya jawab wawancara
2)
Daftar
pertanyaan wawancara
3)
Contoh
rangkuman hasil wawancara
F. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
G. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
1)
Guru
mengomentari salah satu gaya hidup yang sedang tren di masyarakat atau kalangan
remaja pada umumnya. Misalnya, banyak
remaja putri yang menggilai dunia
sepakbola, artis yang menikah dalam
usia muda, pejabat melakukan poligami.
Guru meminta pendapat beberapa siswa tentang fenomena tersebut.
2)
Guru
mengajak siswa untuk mendengarkan tanggapan pakar atau tokoh masyarakat tentang
persoalan tersebut yang terungkap dalam suatu wawancara. (Guru
memperdengarkan/membacakan penggalan
dialog wawancara)
Ø
KEGIATAN INTI
·
Explorasi
1)
Siswa
menyaksikan simulasi adegan wawancara dan mencermati pertanyaan serta jawaban
narasumber.
2)
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan seputar topik dan latarbelakang jalannya
wawancara.
·
Elaborasi
1)
Siswa
ditugasi mencari contoh artikel dialog wawancara dan membuat rangkuman tanggapan narasumber
atas topik yang dibicarakan
2)
Siswa
membaca penggalan-penggalan teks wawancara dan mendiskusikan maksud tanggapan
narasumber terhadap pertanyaan yang diajukan.
Setelah selesai, secara bergantian wakil kelompok ke depan kelas untuk
mempresentasikan jawabannya.
3)
Secara
berkelompok siswa membuat persiapan
wawancara: menentukan topik, narasumber, dan membuat daftar pertanyaan wawancara.
4)
Siswa
melakukan wawancara ( dilakukan di luar jam)
·
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
Pertemuan
ke 2
·
Explorasi
1)
Siswa
mempersiapkan rekaman/transkrip dialog hasil wawancara
·
Elaborasi
1)
Siswa
membuat rangkuman hasil wawancara dengan menjelaskan tanggapan narasumber
tentang topik-topik tertentu
2)
Wakil
setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan rangkuman dan tanggapan
narasumber tentang topik-topik tertentu dari hasil wawancara yang dilakukan
3)
Guru
memberikan apresiasi dan ulasan atas presentasi hasil kerja setiap kelompok
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
PENUTUP
1)
Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
2)
Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa
dipetik dari pembelajaran
.
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, rekaman
wawancara dengan seorang tokoh
masyarakat atau publik figur laptop
Ø
Bahan :
spidol
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
o
Tes Lisan
o
Tes
Tertulis
o
Observasi
Kinerja/Demontrasi
o
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
o
Pengukuran
Sikap
o
Penilaian
diri
INSTRUMEN
/SOAL
Tugas
untuk menjelaskan maksud jawaban
narasumber dalam menanggapi pertanyaan wawancara tentang suatu topik tertentu.
Tugas untuk
melakukan wawancara dan menjelaskan maksud tanggapan narasumber tentang topik
tertentu yang dibicarakan
Tugas untuk
membuat rangkuman hasil wawancara
Daftar pertanyaan Kuis uji Teori untuk
mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik
penilaian tugas menulis rangkuman hasil wawancara (terlampir di bawah)
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen : Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
INSTRUMEN
/SOAL
Sejumlah
pertanyaan /soal untuk menguji
pemahaman siswa atas isi wawancara
Tugas untuk
mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk
merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk
menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar
pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Bojong
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan Setiawan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :SMK
WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Membaca
A. STANDAR
KOMPETENSI 4. Mengungkapkan
informasi dalam bentuk proposal, surat
dagang, karangan ilmiah
B. KOMPETENSI
DASAR 4.1 Menulis proposal untuk
berbagai keperluan
C. 4.2 Menulis surat kuasa
D. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur proposal
2)
Menulis
proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat tunggal
3)
Membahas
proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan
4)
Menulis
surat kuasa sesuai keperluannya
5)
Menjelaskan
isi surat kuasa
6)
Memperbaiki surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan
struktur kalimat dan EyD
E. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Siswa
mampu menulis proposal dan surat kuasa secara benar
F. MATERI POKOK PEMBELAJARAN
1)
Beberapa
contoh proposal dan surat surat kuasa
2)
Ciri-ciri proposal dan surat kuasa
3)
Sistematika
dan format pengetikasn proposal dan surat kuasa
4)
Unsur-unsur atau struktur isi proposal dan surat kuasa
5)
Ragam
bahasa proposal dan surat kuasa
G. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
H. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
I. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
1)
Guru menyampaikan sebuah ilustrasi cerita: dalam
waktu bersamaan seseorang harus melakukan dua
agenda yang sama pentingnya. Guru menanyakan kepada siswa, apa yang
harus dilakukan oleh orang tersebut agar kedua agenda itu dapat berjalan tanpa ada yang dikorbankan.
2)
Guru
membacakan selembar kertas (berupa surat
kuasa) yang bisa memberi jalan keluar atas persoalan yang dihadapi orang tersebut.
3)
Guru
m Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
4)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
5)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.embimbing pengetahuan siswa untuk
mengetahui bahwa ada suatu jenis surat yang disebut surat kuasa
Ø
KEGIATAN INTI
·
Explorasi
1)
Siswa
mencermati contoh surat kuasa yang disajikan di buku teks.
2) Siswa mengidentifikasi pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa yang
telah dibacanya.
.
·
Elaborasi
1)
Guru
menjelaskan fungsi, jenis, status, dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam
penulisan surat kuasa
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
Pertemuan
ke 2
·
Explorasi
1)
Siswa
mempersiapkan rekaman/transkrip dialog hasil wawancara
·
Elaborasi
1)
Siswa menulis surat kuasa untuk keperluan tertentu
2)
Siswa
saling menukarkan surat kuasanya dengan teman semeja/dekat untuk diedit
3)
Siswa
memperbaiki surat kuasanya berdasarkan hasil
penyuntingan teman
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
PENUTUP
1)
Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
2)
Siswa diajak
merefleksikan nilai-nilai serta
kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
.
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, rekaman
wawancara dengan seorang tokoh
masyarakat atau publik figur laptop
Ø
Bahan :
spidol beberapa contoh asli surat kuasa
dengan berbagai keperluan
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
Ø
Tes Lisan
Ø
Tes
Tertulis
Ø
Observasi
Kinerja/Demontrasi
Ø
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Ø
Pengukuran
Sikap
Ø
Penilaian
diri
INSTRUMEN
/SOAL
Tugas untuk
mengidentifikasi pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa
Tugas untuk
menulis surat kuasa
Daftar
pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik
penilaian tugas menulis rangkuman hasil wawancara (terlampir di bawah)
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen : Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
INSTRUMEN
/SOAL
Sejumlah
pertanyaan /soal untuk menguji
pemahaman siswa atas isi wawancara
Tugas untuk
mengidentifikasi intisari pertanyaan dan jawaban narasumber
Tugas untuk
merangkum isi wawancara yang didengar
Tugas untuk
menyimak acara wawancara di radio/televisi dan melaporkan hasil simakannya
Daftar
pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Bojong
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan
Setiawan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :SMK
WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Menulis
A. STANDAR
KOMPETENSI 4. Mengungkapkan
informasi dalam bentuk proposal, surat
dagang, karangan ilmiah
B. KOMPETENSI
DASAR 4.2 Menulis surat dagang
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Mendaftar
jenis surat niaga
2)
Menulis
berbagai jenis surat niaga sesuai
dengan keperluan
3)
Menjelaskan
isi jenis-jenis surat niaga
4)
Memperbaiki surat
surat niaga hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Siswa
mampu menulis beberapa jenis surat
dagang
E. MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
1)
Beberapa
contoh surat niaga, a.l. surat perjanjian jual beli
2)
Jenis-jenis
surat dagang
3)
Ciri-ciri
surat dagang
4)
Sistematika
dan struktur isi surat dagang
F. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
G. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
1)
Siswa
menanyakan kepada siswa siapa yang orang
tuanya berdagang/berniaga. Kepada yang
bersangkutan, guru bertanya lebih lanjut bagaimana cara orang tua melakukan pengadaan dan pemasaran
barang-barang dagangannya. Apakah
dalam proses tersebut terjadi proses
surat menyurat.
2)
Siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan
pengalaman nyata /pengetahuannya tentang surat menyurat dagang
3)
Guru
menunjukkan beberapa contoh surat
dagang/niaga yang pernah diterima sekolah
Ø
KEGIATAN INTI
·
Explorasi
1)
.
Guru menjelaskan peran
penting surat menyurat dalam dunia bisnis
2) Siswa mencermati sebuah
contoh surat dagang dan diminta untuk
mengidentifikasi sistematika dan pokok-pokok isinya
.
·
Elaborasi
1)
Siswa mencermati
bahasa (redaksional kalimat, diksi, gaya tuturan) surat dagang
2)
Dengan
panduan Guru, siswa merumuskan sistematika, struktur isi, dan ragam bahasa
surat niaga.
3)
Guru
menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis surat dagang
4)
Siswa
mencermati contoh-contoh surat dagang yang disajikan di buku teks dan melalui
berdiskusi kelompok mengidentifikasi jenisnya
5)
Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di muka kelas dan ditanggapi oleh
kelas
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
Pertemuan
ke 2
·
Explorasi
1)
Siswa
menulis serangkaian surat dagang, mulai dari surat penawaran sampai pengajuan
klaim.
2)
Siswa
saling menukarkan dan mengedit surat hasil karangannya
·
Elaborasi
Siswa
memperbaiki karangan suratnya berdasarkan catatan hasil penyuntingan teman
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.
Ø
PENUTUP
1)
.
Siswa menjawab soal-soal Kuis
Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting
tentang surat niaga/dagang yang telah dipelajari
2)
Siswa diajak untuk
merefleksikan nilai-nilai serta
kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
3)
Siswa
didorong untuk mempraktikkan kompetensi menulis surat dagang yang telah
dikuasainya untuk keperluan hidup sehari-hari
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, rekaman
wawancara dengan seorang tokoh
masyarakat atau publik figur laptop
Ø
Bahan :
spidol beberapa contoh (asli) surat
niaga/dagang
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
Ø
Tes Lisan
Ø
Tes
Tertulis
Ø
Observasi
Kinerja/Demontrasi
Ø
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Ø
Pengukuran
Sikap
Ø
Penilaian
diri
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen : Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
INSTRUMEN /SOAL
Tugas
untuk mengidentifikasi jenis, sistematika dan struktur isi surat dagang.
Tugas untuk
menulis serangkaian surat dagang dengan
ketentuan atau pembatasan tertentu
Tugas untuk
mengedit dn memprebaiki surat dagang tulisan teman
Daftar
pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Bojong
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan
Setiawan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :SMK
WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Menulis
A. STANDAR
KOMPETENSI 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
B. KOMPETENSI
DASAR 4.3 Melengkapi karya tulis dengan
daftar pustaka dan catatan kaki
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Mampu
memahami pengertian dan fungsi catatan kaki
2)
Mampu
mengidentifikasi unsur-unsur catatan kaki
3)
Mampu
memahami cara menyusun catatan kaki
4)
Mampu
menyusun catatan kaki
5)
Mampu
mengidentifikasi unsur-unsur daftar pustaka
6)
Mampu
memahami cara menyusun daftar pustaka
7)
Mampu
menyusun daftar pustaka untuk melengkapi karya tulis
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa
mampu memahami karya tulis dengan daftar
pustaka dan catatan kaki
E. MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
1)
Pengertian
dan fungsi catatan kaki
2)
Unsur-unsur
catatan kaki
3)
Cara
menyusun catatan kaki
4)
Contoh
penyusunan catatan kaki
5)
Unsur-unsur
daftar pustaka
6)
Cara
menyusun daftar pustaka
7)
Contoh
penyusunan daftar pustaka untuk melengkapi karya tulis
F. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
G. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
Siswa ditanya mengenai alasan
penyusunan catatan kaki dan daftar pustaka
Siswa ditanya mengenai referensi yang
bisa disusun menjadi catatan kaki dan daftar pustaka
Ø
KEGIATAN INTI
·
Explorasi
1)
Guru menjelaskan memahami
pengertian dan fungsi catatan kaki
2)
Siswa
Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki.
3)
·
Elaborasi
1)
memahami
pengertian dan fungsi catatan kaki
2)
mengidentifikasi
unsur-unsur catatan kaki
3)
memahami
cara menyusun catatan kaki
4)
menyusun
catatan kaki
5)
mengidentifikasi
unsur-unsur daftar pustaka
6)
memahami
cara menyusun daftar pustaka
7)
menyusun
daftar pustaka untuk melengkapi karya tulis
8)
Secara
bergantian juru bicara kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
9)
Siswa
memberikan tanggapan atas presentasi kelompok lain
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø
PENUTUP
Siswa
diminta menjelaskan kesulitan yang dialaminya dalam menyusun catatan kaki dan
daftar pustaka
Siswa
diminta mengungkapkan pendapatnya mengenai karya tulis apa saja yang bisa
dilengkapi dengan catatan kaki dan daftar pustaka
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, rekaman
wawancara dengan seorang tokoh
masyarakat atau publik figur laptop
Ø
Bahan :
spidol beberapa contoh (asli) surat
niaga/dagang
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
Ø
Tes Lisan
Ø
Tes
Tertulis
Ø
Observasi
Kinerja/Demontrasi
Ø
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Ø
Pengukuran
Sikap
Ø
Penilaian
diri
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen : Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
INSTRUMEN /SOAL
Pertanyaan
lisan tentang alasan penyusunan catatan kaki dan daftar pustaka
Pertanyaan
mengenai referensi yang bisa disusun menjadi catatan kaki dan daftar pustaka
Tugas/perintah
untuk melakukan diskusi, presentasi, pemberian tanggapan
Daftar
pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman
siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Bojong
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan
Setiawan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :SMK
WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Mendengarkan
A. STANDAR
KOMPETENSI 5. Memahami pementasan drama
B. KOMPETENSI
DASAR 5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Mengidentifikasi
pementasan drama berdasarkan gerak atau
akting para tokoh (gesture, business,
blocking , dll)
2)
Menjelaskan
tata busana yang dipakai para tokoh cerita
3)
Menjelaskan
tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
4)
Menjelaskan
tata bunyi (sound efek dan musik)
5)
Menjelaskan
tata lampu
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa
mampu menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan
E. MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
·
Rekaman
Pementasan drama Teknik dasar bermain drama :gerak , mimik/ pantomimic, blocking, tata panggung,
tata busana, tata bunyi, tata lampu
F. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
G. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
·
Guru
memutarkan rekaman beberapa cuplikan adegan pementasan drama (dokumen
pribadi/sekolah) yang pernah
digelar di sekolah. Cuplikan difokuskan pada akting pemain dan teknik-teknik
pendukung yang buruk dan bagus.
·
Siswa
dimintai komentar/penilaiannya atas akting pemain dan hal-hal teknis lain
(tatarias, tata busana, panggung, tatalampu, dll) yang ditunjukkan dalam
rekaman
Ø
KEGIATAN INTI
Ø
Explorasi
Guru
menjelaskan beberapa teknik yang sangat penting dalam bermain drama. Setiap
penjelasan langsung disertai contoh
yang terdapat dalam rekaman audio
visual pertunjukan drama
Ø
Elaborasi
·
Siswa
menyaksikan tayangan utuh rekaman pertunjukan drama. Dengan berdiskusi, siswa
menganalisis teknik permainan para pemain.
·
Siswa
berdiskusi untuk merumuskan teknik bermain drama dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam bermain drama
·
Siswa
mempresentasikan hasil diskusinya di
muka kelas dan ditanggapi secara kritis
oleh anggota kelompok lain.
·
Guru
mengobservasi kinerja dan keterlibatan setiap siswa dalam berdiskusi maupun
presentasi
·
Guru
mengulas hasil presentasi setiap kelompok dan memilih kelompok yang hasil
analisisnya paling baik
Ø
Konfirmasi
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
·
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø
PENUTUP
·
Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang teknik bermain drama yang telah dipelajari
·
Siswa diajak
merefleksikan nilai-nilai serta
kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
·
Guru
menyampaikan tugas mandiri (dikerjakan di rumah): mengobservasi dan mencermati
pementasan drama (termasuk sinetron/film) di televisi. Pengamatan difokuskan
pada teknik bermain para aktornya
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, rekaman pertunjukan drama secara utuh cuplikan/potongan-potongan
adengan pertunjukan drama
Ø
Bahan :
spidol rekaman pertunjukan drama/film/sinetron
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
Ø
Tes Lisan
Ø
Tes
Tertulis
Ø
Observasi
Kinerja/Demontrasi
Ø
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Ø
Pengukuran
Sikap
Ø
Penilaian
diri
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen : Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
K. INSTRUMEN /SOAL
Tugas
untuk menonton dan menganalisis teknik bermain para pemain dalam pertunjukan
drama
Tugas untuk
mendiskusikan dan mempresentasikan hasil
analisis dan apresiasi pertunjukan drama
Daftar
pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Bojong
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan
Setiawan
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :SMK
WIBAWA TARUNA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS /SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM :Teknik sepeda motor
ASPEK PEMBELAJARAN Mendengarkan
A. STANDAR
KOMPETENSI 5. Memahami pementasan drama
B. KOMPETENSI
DASAR 5.1
Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan
konflik pada pementasan drama
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1)
Menentukan
tokoh, peran, dan wataknya
2)
Menentukan
konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
3)
Menentukan
tema dengan alasan
4)
Menentukan
pesan dengan data yang mendukung
5)
Merangkum
isi drama berdasarkan dialog yang didengar
6)
Mengaitkan
isi drama dengan kehidupan sehari-hari.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1)
Siswa
mampu mengidentifikasi peristiwa, pelaku
dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada
pementasan drama
E. MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
Ø
Rekaman
drama yang mengandung unsur peristiwa,
penokohan, konflik, pesan, amanat, isi drama
F. PENDIDIKAN
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1)
Jujur
2)
Disiplin
3)
Tanggung
jawab
4)
Mandiri
5)
Kreatif
6)
Komunikasi
G. METODE
PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
2)
Tanya
jawab
3)
Diskusi
4)
Penugasan
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø
PENDAHULUAN
1)
Guru menyebut judul (bila memungkinkan Guru memutarkan cuplikan) film terbaru atau sinetron di televisi yang sedang digemari dan
menanyakan kepada siswa siapa yang telah menonton atau mengikutinya.
2)
Siswa yang mengaku menonton diminta untuk
menceritakan sekilas film/sinetron tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan
panduan yang diajukan Guru. Pertanyaan diarahkan untuk mengungkap tokoh dan
perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh
Ø
KEGIATAN INTI
·
Explorasi
1)
Siswa
diminta mengingat dan menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang membangun
cerita drama.
2) Guru menjelaskan secara lebih
mendalam unsur peristiwa, dialog, tokoh, dan konfliks dalam cerita drama.
Sebelumnya, Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya
tentang beberapa hal terkait unsur-unsur tersebut.
Pertemuan ke 2
Explorasi
1)
Siswa
menyaksikan pemutaran rekaman pertunjukan drama/sinetron/ film
2)
Siswa
bergabung dalam kelompok dan berdiskusi untuk
menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya,
peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh
Elaborasi
1)
Siswa
membuat sinopsis cerita
drama/sinetron/film yang disaksikannya.
2)
Siswa
menyusun makalah sederhana untuk
melaporkan hasil diskusi kelompok.
3)
Secara
bergantian, kelompok
mempresentasikan di depan
kelas dan ditanggapi oleh kelas
·
Konfirmasi
1)
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
2)
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø
PENUTUP
1)
Siswa
menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
2)
Siswa
diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa
dipetik dari pembelajaran
I. ALAT/ BAHAN/ SUMBER PEMBELAJAR
Ø
Alat : Papan tulis . speaker, rekaman
Ø
Bahan :
spidol rekaman pertunjukan drama/film/sinetron
Ø
Sumber belajar : internet
J.PENILAIAN
Ø
Tes Lisan
Ø
Tes
Tertulis
Ø
Observasi
Kinerja/Demontrasi
Ø
Tagihan
Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Ø
Pengukuran
Sikap
Ø
Penilaian
diri
Ø
Jenis
Instrumen : Tes Lisan
Ø
Bentuk
Instrumen : Tes tertulis
Ø
Instrumen : Penilaian Diri
Ø
Skor
penilaian :
2 x 50-100
K. INSTRUMEN /SOAL
Tugas
diskusi kelompok untuk mengungkapkan unsur peristiwa, tokoh dan perwatakannya, pesan moral, dan konfliks yang dialami
tokoh.
Tugas untuk
membuat makalah sederhana dan mempresentasikannya di depan kelas.
Daftar
pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik
penilaian tugas merangkum hasil wawancara (terlampir di bawah)
Bojong
25 Juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Guru Praktikan
........................... ...................................
NIP./NIK. Ridwan
Setiawan
0 Comments