FAKTOR ANAK MILENIAL SUSAH MEMBELI RUMAH


Halo teman - teman selamat datang di segmen milenials dimana di segmen ini aku akan membahas mengenai berbagai berita tentang millenial,
Untuk episode pertama aku akan membahas mengenai

Problem melenial dalam membeli rumah


Wacana bahwa generasi milenial akan kesulitan memiliki rumah memang cukup beralasan.Apalagi dari hari ke hari harga rumah semakin mahal. Hingga akhirnya membeli rumah dianggap menjadi mimpi, ini akibat uang yang kita miliki tak mampu mengejar laju harganya..

Lalu faktor apa saja sih yang menghambat milenial tak mampu membeli rumah ?

Gaji yang terbatas



Generasi milenial biasanya adalah fresh graduated yang baru bekerja sehingga kemampuan finansialnya belum terlalu kuat. Secara angsuran mereka mungkin mampu membayar, tapi untuk uang muka, bisa jadi belum sanggup.

Untuk itu miliki keinginan yang kuat untuk punya rumah sendiri. bisa menjadi motivasi semangat untuk berhemat demi tabungan DP rumah. Jika memang niat waktu 1 tahun juga cukup karena DP rumah pertama kini semakin ringan, hanya 10 persen.

Kepercayaan bank


pengajuan kredit rumah atau KPR memang bukanlah perkara yang mudah. Poin penting yang harus teman teman miliki adalah adanya kepercayaan bank terhadap kemampuan finansial Anda.

Bank tentunya tidak sembarang menyetujui pengajuan KPR, terutama bagi teman teman yang baru  bekerja. Belum lagi jika teman teman punya tunggakan utang seperti kartu kredit. Jadi pastikan bahwa pembayaran cicilan utang yang terkait bank dibayar lancar.

Sikap konsumtif



Poin ini mungkin terkesan sepele, tapi sikap konsumtif menjadi halangan bagi generasi milenial untuk membeli rumah. Alih-alih menabung untuk uang muka, yang ada uangnya habis untuk foya-foya. Sebuah data terbaru dari Business Insider mengungkapkan bahwa sebagian besar pengeluaran generasi millennial dihabiskan untuk gaya hidup, seperti fashion, makan di restoran, dan traveling. 

Langkah terbaik untuk mengumpulkan uang muka sebaiknya dengan menyisihkan penghasilan Anda. Caranya, investasikan sepuluh persen rutin dari gaji Anda ke rekening tabungan yang terpisah dengan rekening yang biasanya Anda gunakan. atau dengan Menabung emas atau berinvestasi, itu bisa jadi opsi terbaik untuk mengumulkan uang muka. 

Dari pada uang nya di hambur-hamburkan uang untuk membeli keinginan yang gak ada habis nya seperti gadget keluaran terbaru atau gaya hidup mending ditabung untuk membeli rumah..

 Salah Didikan

banyak orangtua yang terlalu memanjakan para generasi millennial. Kesibukan orangtua membuat mereka lupa mengingatkan anak-anaknya bahwa kesuksesan butuh perjuangan dan pengorbanan. 

Untuk di Indonesia sendiri, generasi millennial yang lahir di tahun 80-an biasanya mendapat arahan dari orangtua untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan besar agar dianggap sukses, bukan mengembangkan keahliannya untuk membuka peluang bisnis sendiri.


Penulis : Erderidwan
Email : erderidwansetiawan@gmail.com

Instagram : erderidwans

Post a Comment

0 Comments

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});