OBSERVASI MENGENAI PENGGUNAAN KURIKULUM 2013



Nama            : Ridwan Setiawan.
Nim               : 14210072
Email/No hp  : erderidwans@yahoo.com / 0838222247498


Pewawancara              :Ridwan Setiawan
Nama Guru                 :Iis sukaesih, S. Pd.
Lahir                           : Bandung, 28-04-1974
Sekolah                       :SMK Nurul Hidayah Pasundan
Jl. Raya Bandungg Kec.Haurwangi Kab.Cianjur Propinsi.Jawa Barat
Email                          : smknhpasundan@yahoo.com
Tanggal wawancara    : 25 oktober 2016

1.      Sejak kapan bapak/ibu mengajar?
Jawab : Sejak tahun 2012
2.      Apakah bapak/ibu mengetahui kurikulum?
Jawab : Iya megehatui kurikulum 2013
3.      Sudah berapa kali kurikulum 2013 direvisi?
Jawab : Sudah satu kali
4.      Apa perbedaan kurikulum 2013 yang lama dan yang sudah direvisi?
Jawab : Perbedaan nya yaitu kurtilas menggunakan satu metode dan revisi menggunakan metode bebas
5.      Apakah sekolah bapak/ibu sudah menerapkan kurikulum 2013? Jika belum apa alasannya?
Jawab : belum, karna sudah coba diterapkan tapi tidak berhasil.
6.      Apakah bapak/ibu pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013?
Jawab : Iya pernah
7.      Bagaimana pendapat bapak/ibu mengenai kurikulum 2013?
Jawab : Jadi pendapat saya mengenai kurikulum 2013 adalah kurikulum 2013 sudah baik tapi masih sulit diterapkan disekolah kami.
8.      Apakah bapak/ibu tahu perbedaan silabus lama dan baru?
Jawab : Perbedaan nya yaitu silabus lama lebih ke karakter dan silabus baru ke sk kd
9.      Bagaimana bapak/ibu mengembangkan RPP untuk pembelajaran?
Jawab : Jadi seperti ini menerapkan materi yang sudah ada.
10.  Apakah bapak/ibu membuat RPP sendiri atau berkelompok (dalam MGMP) atau hanya mendownload dari internet?
Jawab : ya berkelompok
11.  Bagaimana cara bapak/ibu menyusun indikator pembelajaran?
Jawab : dengan cara menyesuaikan materi pembelajaran
12.  Bagaimana cara bapak/ibu menyusun indikator pembelajaran? Apakah memperhatikan penggunaan kata kerja operasional?
Jawab : Iya saya memperhatikan kata kerja operasional
13.  Model/metode Pembelajaran apa yang sering bapak/ibu gunakan dalam kurikulum 2013?
Jawab : Yang saya gunakan adalah saintifik inquiri.
14.  Bagaimana cara menjabarkan langkah-langkah pembelajaran? Apakah sesuai dengan metode yang yang bapak gunakan?
Jawab : Iya
15.  Apa saja sumber dan bahan ajar yang bapak/ibu gunakan?
Jawab: kamus besar, Bse Depdiknas JABAR.
16.  Media apa yang paling sering bapak/ibu gunakan?
Jawab : Yang digunakan adalah media cetak dan media elektronik
17.  Apa media yang menurut bapak /ibu paling efektif digunakan?
Jawab: media elektronik
18.  Bagaimana bapak/ibu menyusun penilaian untuk mengetahui kemampuan siswa?
Jawab: tes belajar (tugas,ulangan) UTS, UAS
19.  Apakah penilaian yang bapak/ibu gunakan mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotor siswa?
Jawab: ya mencakup
20.  Apakah pembelajaran yang dilakukan dikelas sesuai dengan RPP yang bapak/ibu susun?
Jawab: kadang tidak sesuai.
21.  Apa kendala bapak/ibu dalam menyusun RPP?
Jawab: kendalanya mungkin kadang beda dengan yang dipresentasikan depan kelas.
22.  Apa kendala bapak/ibu dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia?
Jawab: mengatasi siswa yang mungkin jenuh dengan membaca atau menghafal.




















      Pada hari sabtu tanggal 25 Oktober 2016 saya Ridwan setiawan bersama Dwi Citra berkunjung ke salah satu sekolah yang berada diperbatasan Cianjur yaitu sekolah SMK Nurul Hidayah Pasundan, disana kami mewawancara salah seorang guru bahasa indonesia yaitu
 ibu Iis sukaesih S, Pd. Disana kami menanyakan seputar tentang kurikulum dan rpp hal ini Untuk kepentingan tugas Magang 2.
Pertanyaan yang pertama kami tanyakan adalah.
 kapan bu Iis mengajar disekolah ini? beliau menjawab ibu mengajar sejak tahun 2012. Lalu apakah ibu mengetahui tentang berapa kali kurikulum sudah direvisi? Beliau menjawab, yaitu satu kali revisi. Lalu apa saja perbedaan antara kurikulum 2013 lama dan revisi? Beliau menjawab, kalau kurikulum 2013 memakai satu metode dan revisi memakai metode bebas.
Apakah di sekolah ini sudah menerapkan kurikulum 2013 ? sebenarnya di SMK ini sudah pernah menerapkan kurikulum 2013 namun tidak berhasil,
Lalu kami menanyakan apa ibu pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013? Beliau menjawab ya ibu pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013. Menurutnya kurikulum 2013 sudah baik namun masih sulit diterapkan disekolah kami. Apakah ibu tau mengenai perbedaan silabus lama dan baru? Ibu tau perbedaan silabus lama dan baru yaitu kalau silabus lama lebih ke karakter dan silabus baru ke SK dan KD. Ibu mengembangkan RPP untuk pembelajaran dengan menerapkan materi yang ada. Apa dalam membuat rpp ibu di bantu kelompok atau ibu sendiri? Ibu membuat RPP berkelompok. Ibu menyusun indikator pembelajaran dengan menyesuaikan materi pembelajarannya. Ibu Iis menggunakan kata kerja oprasional.
Dalam pembelajaran ibu menggunakan metode apa?ibu  menggunakan metode saintfik. Dalam pembelajaran ibu biasa nya menggunakan sumber dari mana? Ibu menggunakan sumber dari belajar kamus besar, Bse Depdiknas JABAR. Menggunnakan media cetak dan elektronik dan lebih sering menggunakan media elektronik karna lebih efektif. Menilai kemampuan siswa dengan test lisan dan tulisan. Penilaian yang digunakan mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotor siswa. Kadan Rpp yang dibuat sedikit tidak sesuai dengan apa yang diajarkan dalam kelas. Kendala dalam mengajar dan mengatasi siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia yaitu kadang murid sering jenuh dengan pembelajaran dikelas.


Post a Comment

0 Comments

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});