Nama : Ridwan Setiawan.
Nim : 14210072
Pewawancara :Ridwan Setiawan
Nama Guru :Iis sukaesih, S. Pd.
Lahir : Bandung, 28-04-1974
Jl. Raya Bandungg
Kec.Haurwangi Kab.Cianjur Propinsi.Jawa Barat
Email :
smknhpasundan@yahoo.com
Tanggal wawancara : 25 oktober 2016
1.
Sejak kapan
bapak/ibu mengajar?
Jawab : Sejak
tahun 2012
2.
Apakah bapak/ibu
mengetahui kurikulum?
Jawab : Iya
megehatui kurikulum 2013
3.
Sudah berapa
kali kurikulum 2013 direvisi?
Jawab : Sudah
satu kali
4.
Apa perbedaan
kurikulum 2013 yang lama dan yang sudah direvisi?
Jawab :
Perbedaan nya yaitu kurtilas menggunakan satu metode dan revisi menggunakan
metode bebas
5.
Apakah sekolah
bapak/ibu sudah menerapkan kurikulum 2013? Jika belum apa alasannya?
Jawab : belum,
karna sudah coba diterapkan tapi tidak berhasil.
6.
Apakah bapak/ibu
pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013?
Jawab : Iya
pernah
7.
Bagaimana
pendapat bapak/ibu mengenai kurikulum 2013?
Jawab : Jadi
pendapat saya mengenai kurikulum 2013 adalah kurikulum 2013 sudah baik tapi
masih sulit diterapkan disekolah kami.
8.
Apakah bapak/ibu
tahu perbedaan silabus lama dan baru?
Jawab :
Perbedaan nya yaitu silabus lama lebih ke karakter dan silabus baru ke sk kd
9.
Bagaimana
bapak/ibu mengembangkan RPP untuk pembelajaran?
Jawab : Jadi
seperti ini menerapkan materi yang sudah ada.
10. Apakah bapak/ibu membuat RPP sendiri atau
berkelompok (dalam MGMP) atau hanya mendownload dari internet?
Jawab : ya
berkelompok
11. Bagaimana cara bapak/ibu menyusun indikator
pembelajaran?
Jawab : dengan
cara menyesuaikan materi pembelajaran
12. Bagaimana cara bapak/ibu menyusun indikator pembelajaran?
Apakah memperhatikan penggunaan kata kerja operasional?
Jawab : Iya saya
memperhatikan kata kerja operasional
13. Model/metode Pembelajaran apa yang sering bapak/ibu
gunakan dalam kurikulum 2013?
Jawab : Yang
saya gunakan adalah saintifik inquiri.
14. Bagaimana cara menjabarkan langkah-langkah
pembelajaran? Apakah sesuai dengan metode yang yang bapak gunakan?
Jawab : Iya
15. Apa saja sumber dan bahan ajar yang bapak/ibu
gunakan?
Jawab: kamus
besar, Bse Depdiknas JABAR.
16. Media apa yang paling sering bapak/ibu gunakan?
Jawab : Yang
digunakan adalah media cetak dan media elektronik
17. Apa media yang menurut bapak /ibu paling efektif
digunakan?
Jawab: media
elektronik
18. Bagaimana bapak/ibu menyusun penilaian untuk
mengetahui kemampuan siswa?
Jawab: tes
belajar (tugas,ulangan) UTS, UAS
19. Apakah penilaian yang bapak/ibu gunakan mencakup
aspek afektif, kognitif, dan psikomotor siswa?
Jawab: ya
mencakup
20. Apakah pembelajaran yang dilakukan dikelas sesuai
dengan RPP yang bapak/ibu susun?
Jawab: kadang
tidak sesuai.
21. Apa kendala bapak/ibu dalam menyusun RPP?
Jawab:
kendalanya mungkin kadang beda dengan yang dipresentasikan depan kelas.
22. Apa kendala bapak/ibu dalam mengajar mata pelajaran
Bahasa Indonesia?
Jawab: mengatasi
siswa yang mungkin jenuh dengan membaca atau menghafal.
Pada
hari sabtu tanggal 25 Oktober 2016 saya Ridwan setiawan bersama Dwi Citra
berkunjung ke salah satu sekolah yang berada diperbatasan Cianjur yaitu sekolah
SMK Nurul Hidayah Pasundan, disana kami mewawancara salah seorang guru bahasa
indonesia yaitu
ibu Iis
sukaesih S, Pd. Disana kami menanyakan seputar tentang kurikulum dan rpp hal
ini Untuk kepentingan tugas Magang 2.
Pertanyaan yang pertama kami tanyakan adalah.
kapan bu Iis
mengajar disekolah ini? beliau menjawab ibu mengajar sejak tahun 2012. Lalu
apakah ibu mengetahui tentang berapa kali kurikulum sudah direvisi? Beliau
menjawab, yaitu satu kali revisi. Lalu apa saja perbedaan antara kurikulum 2013
lama dan revisi? Beliau menjawab, kalau kurikulum 2013 memakai satu metode dan
revisi memakai metode bebas.
Apakah di sekolah ini sudah menerapkan kurikulum
2013 ? sebenarnya di SMK ini sudah pernah menerapkan kurikulum 2013 namun tidak
berhasil,
Lalu kami menanyakan apa ibu pernah mengikuti
pelatihan kurikulum 2013? Beliau menjawab ya ibu pernah mengikuti pelatihan
kurikulum 2013. Menurutnya kurikulum 2013 sudah baik namun masih sulit
diterapkan disekolah kami. Apakah ibu tau mengenai perbedaan silabus lama dan
baru? Ibu tau perbedaan silabus lama dan baru yaitu kalau silabus lama lebih ke
karakter dan silabus baru ke SK dan KD. Ibu mengembangkan RPP untuk
pembelajaran dengan menerapkan materi yang ada. Apa dalam membuat rpp ibu di
bantu kelompok atau ibu sendiri? Ibu membuat RPP berkelompok. Ibu menyusun
indikator pembelajaran dengan menyesuaikan materi pembelajarannya. Ibu Iis
menggunakan kata kerja oprasional.
Dalam pembelajaran ibu menggunakan metode apa?ibu menggunakan metode saintfik. Dalam
pembelajaran ibu biasa nya menggunakan sumber dari mana? Ibu menggunakan sumber
dari belajar kamus besar, Bse Depdiknas JABAR. Menggunnakan media cetak dan
elektronik dan lebih sering menggunakan media elektronik karna lebih efektif.
Menilai kemampuan siswa dengan test lisan dan tulisan. Penilaian yang digunakan
mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotor siswa. Kadan Rpp yang dibuat
sedikit tidak sesuai dengan apa yang diajarkan dalam kelas. Kendala dalam
mengajar dan mengatasi siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia yaitu kadang
murid sering jenuh dengan pembelajaran dikelas.
0 Comments